Kenangan Ramadhan 1431 H

Menurutku,Ramadhan tahun ini berbeda dengan ramadhan-ramadhan yang lalu. jika tahun lalu,kuhabiskan waktu hanya dengan teman-teman,di masjid sekolah,ikut festival dan ikut training-training. ramadhan tahun ini, lebih sangar lagi. karena aku lebih banyak menghabiskan waktu di masyarakat, tepatnya pusat perbelanjaan dan di jalan dan rumah-rumah donatur. hehehe.

menjadi relawan Ydsf memang pertama kali bagi saya, sejak akhir bulan juli 2010, para relawan di beri pelatihan khusus. bahkan yang dari jember,banyuwangi pun juga bela-belain datang ke acara pelatihan tersebut. mungkin saking pentingnya sampai-sampai mereka harus berangkat jam 01.00 dini hari dan sampai ke kota pahlawan subuh. jujur saja,saya kagum dengan para relawan di jember,banyuwangi tsb. ghirohnya luar biasa. tak ketinggalan pula para relawan dari surabaya. mereka adalah para mahasiswa yang kebetulan libur panjang di bulan ramadhan. hehehe ada mahasiswa dari Institut teknologi sepuluh nopember(ITS),ada dari Uneversitas Airlangga(Unair),ada yang dari Universitas Muhammadiyah Sidaorjo dll. pelatihannya sangat seru,mulai dari teamwork sampai manajemen komplain. inilah serunya jadi relawan,harus siap di tempatkan di mana saja dan harus siap melayani donatur dengna sepenuh hati dan siap. fotonya bisa lihat di atas, ini adalah para relawan yang ikut pada saat training pada akhir juli 2010 kemarin, saya ambil dari fesbuknya mbak cacik hehehe semoga saja di ijinin :-). detik-detik itu adalah kenagnan yang tak terlupakan, eh ternyata manusia itu macem-macem.

kami mulai beraksi pada tangal 9 agustus 2010, kebetulan lokasi saya di sidoarjo, jadi tepatnya di Lottemart whosale di pepelegi Waru. kalau dengan rumah saya,kira-kira tiga kilo meter lah. tak hanya itu,di bulan ramadhan, kampus mahad uamr bin al khattab yang jurusan bahasa ARab harus masuk 15 hari di bulan ramadhan. wah,utung aja bisa di gilir jaga gerai zakatnya, tapi kebanyakan,saya yang jaga malam. lebih asyiknya lagi, di mahad umar, ternyata juga banyak manusia-manusia yang unik. dan dari berbagai wilayah di indonesia. saya nggak nyagka aja ternyata banyak juga mahasiswa dari kota lain. justru dari sidoarjo cuma 4 orang hihihi. ada dari Bali,Jambi,Cirebon, JogJa,Trenggalek, Banyuwangi dll. nah yang paling banyak nih, dari lamongan. saya sangat beruntung karena alam bulan ramadhan, saya memiliki 2 komunitas sekaligus. otomatis,teman saya makin banyak.:-)
yang pertama dari teman-teman relawan dan yang kedua dari teman-teman di kampus. hmm,senagnya πŸ™‚

oke lanjut, di sidoarjo,ada 7 relawan yang beertugas menjaga gawang eh salah..:-)maksudnya menjaga gerai zakat di pusat perbelanjaan. yang pertama ada di mall Sidoarjo dan yang kedua di Lotte mart. sebenarnya tiga tapi ada kendala teknis jadi cuma dua lokasi saja. ini die para elawannya. yang pertama saya sendiri πŸ™‚ ,yang kedua akh,Adi Slamet mahasiswa unair jurusan matematika, yang ketiga U.Andri mahasiswi universitas Muhammadiyah sidoarjo jur.PAI,yang keempat U.Isti R mahasiwi Unair jurusan matematika dan sastra inggris(salut buat mbak isti, sampek dobel segala hehehe:-),yang kelima u.Farida mahasiswi Unair jurusan Biologi,yang keenam Akh Hadi mahasiwa mahad umar jurusan bahasa arab, yang ketujuh Akh mutadi mahasiswa STKIP PGRI jurusan pendidikan bahasa inggris. hmm, mereka adalah wajah-wajah yang bisa di liaht di ramayana mall sidoarjo dan lottemart. dari siang sampai malam. kalau mau infaq,berzakat,konsultasi bisa hubungi mereka hehehe.:-)
selain itu,ada kegiatan bagi0-bagi takjil di beberapa lokasi. saat itu kami di bantu teman-teman KAMMI komsat sidaorjo. mulai dari ketumnya,akh affandi ,akh budiman dan para mawar-mawar komsat lainnya(jadi teringat lpj nya akh afandi dulu :-). saat pembagian takjil di alun-alun,kata teman-teman sih(soalnya saya bagi takjil di karyawan lottemart), agak telat tapi saat di mall sidoarjo, sungguh kuar biasa. antusias para pengunung dan semangatnya,dapat membantu kami menghabiskan takjil dalam waktu kira-kira 15-20 menit,eh takjilnya sudah habis. ALhamdulillah πŸ™‚ paddahal magribnya masih lama juga tapi tugas selesai hehehe Alhamdulillah:-). ternyata bulan ramadhan ini sangat menyenangkan dan menjadi momen-momen yang tak terlupakan. di sepuliuh hari terakhir,ada itikaf di mushola nya mas tholip. kehgiatannya juga seru,bedah bukunya pak imam supriyono “Guru goblok ketemu murid goblok,Training tazkiyah, bahkan sampai bahas entrepreunership dari ust narko dan tak lupa Fiqh munakahat hehehe tapi sayang sat itu saya tidak bisa hadir :-(. ramadhan memang ladang ilmu dan amal. sayang,kalau di lewartkan begitus aja. hmm, di ramadhan ini,saya masih belum melunasi target saya. yakni “khattam qur’an” waduh tahun ini masih belum bisa hiks…hiks… dikiiiit lagi….semoga tahun depan(kalo saya masih menginjakan kaki di bumi Allah) bisa khattam sekali. mungki dua kali. anehnya di akhir-akhir amadhan,h penyakit futur menyerang,apalagi obatnya juga nggak ada di toko obat atau apotek. πŸ™‚

ramadhan kali memang harus menjadi ladang kebaikan. haruis maximum. tak hanya ibadah kepada Allah saja. di bulan ramadhan,khattam qur’an itu wajar ,berbuat baik itu wajar,beribadah lebih juga wajar tapi yang laur biasa adalah kontribusi kita utnuk umat. dengan ramadhan ,masyarakat merasakan kehadiran dan manfaat kita,dengan ramadhan. jangan mentang-mentang itikaf di masjid,eh kerjanya males-malesan,jangan mentang-mentang pausa, eh sekolahnya juga males. ibadah kepada Allah juga di maksimalkan dan hubungan kita dengan orang lain juga harus maksimal juga. kalau kita kerja dengan gelar “Males” apa yang terjadi? pasti hasil dari kerja kita mendapat rapor jelek dan ujung-ujungnya menyalahkan ramadhan . naudzubillah.
Ya Allah terimaksih Engkau pertemukan aku degnan ramadhan tahun ini,terimaksih karena Engkau pertemukan aku dengan saudara-saudara baru. semoga saja di tahun depan ,hmm, bisa beribadah dengan maksimal dan berkontribusi untuk umat pun,maksimal juga amin. πŸ™‚
I love U Ramadhan, semoga kita bertemu kembali. kenangan masa indah kita …..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s