Dari Sidoarjo – Ujungpangkah

sedikit cerita

Hari jum’at,saya memiliki janji untuk menghadiri acara di desa cangaan(baru tahu kalau desa ini bener-bner peluosok). akhirnya saya memberanikan diri untuk menempuh perjalanan ke tujuan dnegan sepeda pancal. yah,maklumlah ini sebagian dari obesesi he..he..he.. dengan kecepatan yang luar biasa, dari sidoarjo saya berangkat jam 05.45 dan sampai di alun-alun gresik jam 08.15. disana,cukup ramai karena ada gerak jalan sd-smp-sma gresik. saya mengistirahatkan diri sejenak dan sempat bertanya kepada dua anak muda yng duduk-duduk disana. “Mas,daerah pangkah mana ya?” “Saya juga ndak tahu mas.saya juga baru disini”jawabnya

.kemudian kami berbincang dan saling berkenalan. dan ternyata mereka juga mahasiswa dari surabaya. tepatnya salah satu STAI di surabaya(deket ITS) yang satu namanya Idham dari NTT(kupang) dan yang satunya dari palembang. wah,luar biasa karena saya bisa berkenalan dengan mereka. mas idham adalah jurusan tarbiyah dan temannya fokus di jurusan dakwah. dari perkenalan itulah kami bertukar nomor hape. kami juga sempat melihat anak-anak SD berkelahi di alun-alun.berawal dari permainan sepak bola.

saya sangat ngeri melhat mereka.ketika mereka saling pukul, salah satu teman yang tidak terima langsung berlari dan melancarkan tendangan super keras ke wajah sampai kena pipinya. saya hanya geleng-geleng dan perkelahian sempat berhenti daa hampir mau di lanjutkan tapi alhamdulillah mereka tidak berlangsung lama.

ada juga topeng monyet yang sempat membuat pengunjung alun-alun terpingkal. termasuk saya,mas idham dan temannya. ketika jam 09.00 saya mau melanjutkan perjalanan tapi sayang, ban saya bocor dan harus segera di tambal. untunglah di pinggir jalan ada tukang tambal ban,ketika saya tanya tentang derah pangkah, waduh jawabannya cukup membuat saya shock. “Wah,uadoh(jauh) mas” tapi karena saya sudah terlanjur di kabupaten gresik, ya apa boleh buat perjalanan harus di lanjutkan sampai titik darah penghabisan he..he.. dan ternyata dugaan saya meleset, saya pikir untuk sampai ujungpangkah menggunakan sepeda pancal kira-kira dua jam lah tapi tidak, malah saya harus menempuh empat jam sehingga sampai disana. di derah kecamatan bungah,daerahnya agak tinggi.saya sempat nyerah karena begitu tinggi sekali tanjakannya.

setelah meleweati manyar,bungah,sidayu akhirnya saya menemukan kecamatan pangkah. saya langsung masuk ke daerah itu dan ternyata hampir limakilometer lebih saya tidak menemukan rumah-rumah. ketika saya tanya orang yang kebetulan lewat, ternyata saya salah jalur. huft, apa boleh buat saya terusan saja sampai saya menjelajah kecamatan ujungpangkah. hampir was-was juga karena sholat jumat segera di mulai.

singkat cerita,seusai sholat jum’at,saya melanjutkan perjalanan lagi ke desa sasaran(cangaan) karena asyiknya mendnegar deburan ombak dan indahnya laut,eh saya malah kesasar. dan putar balik lagi dan saya shock ketika melihat jalanan yang cukup menanjak itu dan dengan kekuatan terakhir,sayapun mengayuh sepeda sampai orang-orang kampung melihat saya.mungkin heran kerna wajah saya benar-benar asing di situ dan alhamdulillah saya sampai di desa cangaan jam 13.20. huft,baru tahu ternyata jauh juga he..he.. tapi sungguh,ini perjalanan yang mengasyikan ^_^.

***

acara di mulai jam 14.00 agak molor dikit dan alhamdulillah acara berjalan lumayan sukses dan antusias para peserta juga luar baisa. saat mereka memulai kegiatan eh lucu,mereka malah ndak bawa bulpen. wah,akhirnya kami panitia mengambil inisiatif untuk joinan(repot juga,pelatihan nulis ini akhirnya agak lama sekligus ricuh ;-)) dan alhamdulillah dalam waktu setengah jam,mereka menghasilkan karya yang luar biasa. setelah itu,diadakan tanya jawab yang menghabiskan waktu satu setengah jam. waw… ternyata bekal dari FLP surabaya sangat bermanfaat. luar biasa. acarapun berakhir jam 16.30 . hmm,acara kecil,sederhana inilah yang membuat saya takjub. pemuda-pemuda juga luar biasa. saya terkandan iri,ternyata semangat organisasi di daerah terpencil seperti itu cukup tinggi.

Setelah kegiatan,beristirahat sejenak di sekolahan dan menunaikan shalat maghrib di sana. sebenarnya saya mau pulang karena besok harus hadir di acara musda kamda tapi kaki saya tidak bisa di ajak kompromi dan sudah di putuskan, sayapun menginap di rumah teman saya. dan saat malam,jujur saja tidak bisa tidur karena hampir dua jam,kaki cenut-cenut luar biasa. karena sakitnya,saya sampai lelah dan akhirnya ketiduran juga he..he.. dan paginya,seusai jalan-jalan di desa cangaan setelah itu sarapan dan pamitan untuk pulang.(jam 06.13)

Perjalanan pulang ternyata lebih mengasyikan karena melewati hutan dan tidak terasa capek. enaknya lagi,karena jalananya banyak turun, saya bisa menghemat tenaga untuk sampai di daerah berikutnya. hmm, satu jam kemudian,saya sudah sampai di daerah kecamatan manyar dan sempat mampir untuk ngisi bensin(es legen ) dan melanjutkan perjalanan. yang paling menyebalkan,ketika sampai didaerah kalianak surabaya yang puanas. hampir satu jam macet sekaligus bermandi debu. weleh…weleh…sudah hitam,kumus-kumus pula^_^ .

(rekor baru-25 feb 2011) sekalian belajar membuat catatan perjalanan ^_^

Iklan

2 thoughts on “Dari Sidoarjo – Ujungpangkah

    • acara pelatihan nulis cerpen. ndak ikut kah? 😉 he..he…yah menurut saya bener-bener peluosok. saat tanya orang,ternyata naik waduh. maklum aja,ane kesana naik onthel dari sidoarjo. butuh 7 jam.

      Cangaan memang asri dan tenteram . saya suka 😉 kalo pagi ebenr-bener sejuk. jadi ingin kesana lagi 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s