sekilas : film Maryam al muqaddasa (The Saint Mary)

Film Maryam al-muqaddasa ini biasa kami lihat di ma’mal kampus. butuh berbulan-bulan untuk menghabiskan film ini. maklum saja paling banya hanya dua jam pelajaran tapi alhamdulillah saya sudah menonton sampai habis. punya sih tapi yang versi 1 jam 50 menit.

film ini mengisahkan tentang maryam sejak kecil sampai dewasa. settingnya juga bagus.  Hana bernadzar kelak maryam akan mengabdi di baitul maqdis. sebagai ibunda, hana sering menyambangi maryam tapi hanya sekedar melihat dari jendela untuk melepas rindu.

disaat-saat terakhir,Hanna mencoba melihat maryam meskipun saat itu sakit-sakitan. Hana di papah saudaranya untuk melihat maryam. di sana ia menunggu momen-momen itu., saat melihat maryam membawa air, sang bibi memanggilnya tapi sang ibu menghindar. Yah,karena ia sudah berjanji. dan saat maryam kecil berada di jendela. sang bibi menanyainya. kabarnya bagaimana selama di baitulmaqdis. dan maryam menanykan bagaimana kabar ibunya.

Sang bibi menoleh ke hana yang saat itu menangis. maryam tidak bisa melihat ibunya karena ibunya bersembunyi.

“baik” kata sang bibi. demi menghibur maryam ia mengatakan itu semua padahal hanna sudah sakit-sakitan. maryam pun mendo’akan ibunya dan pamit untuk bekerja di baitul maqdis. tak lama kemudian hanna pulang dan di saat ia keluar rumah ia terjatuh dan meninggal.

di episode yang lain, seperti dalam alqur’an,pernah waktu itu nabi zachariyah masuk dan menjumpai maryam memakan buah-buahan. dengan heran zachary bertanya.  Dan antara yang mengkagumkan adalah, walaupun dia tidak pernah keluar dari mihrabnya, akan terdapat buah-buahan tersedia buatnya yang datang entah dari mana. Lebih menakjubkan, buah-buahan musim panas muncul ketika dia menghadapi musim sejuk, dan buah-buahan musim sejuk muncul ketika dia menghadapi musim panas. ini di abadikan di al-qur’an

“Tiap-tiap kali Nabi Zakaria masuk untuk menemui Maryam di Mihrab, ia dapati rezeki (buah-buahanan yang luar biasa) di sisinya.” Surah Ali-Imraan ayat 37.

Satu hari di mihrab Maryam, Nabi Zakaria yang menyedari akan keajaiban itu bertanya:

“Nabi Zakaria bertanya: Wahai Maryam dari mana engkau dapati (buah-buahan) ini?” Surah Ali-Imraan ayat 37.

Dan Maryam pun menjawab:

“Maryam menjawab: Ialah dari Allah, sesungguhnya Allah memberikan rezeki kepada sesiapa yang dikehendakiNya dengan tidak dikira.”  Surah Ali-Imran ayat 37 . Subhanallah.

dan pada saat ia mengambil air karena di baitul maqdis menipis,ia pun mengambil air di tempat lain. dan disanalah, jibril datang menemuinya dengan sosok manusia yang sempurna.
“Aku adalah seorang utusan Tuhanmu.” begitu kagetnya ia. kemudian jibril memberi kbar gembira bagi maryam bahwa nantinya akan lahir Isa. namun
“Maryam berkata: Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusia pun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorangpezina!” (QS. Maryam: 20)

Jibril berkata; “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”. (surat Maryam: 21)

…Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (Maryam: 35)

ada beberapa penbdapat tentang kehamilan maryam ada yang mengatakan Kandungan Maryam berbeda dengan kandungan umumnya wanita. Ia tidak merasakan sakit dan tidak merasa berat, ia tidak merasakan sesuatu telah bertambah padanya dan perutnya tidak membuncit seperti umumnya WAllahua’lam. dan ketika sudah saatnya,ia pergi ketempat jauh . disanalah ia sangat kelelahan berhenti disebuah pohon kurma.

ia bersandar dan merasa sangat kelelahan.

Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan. “ dan proses persalinan berlangsung di sana dan melahirkan Isa AS .

“Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu ahan mengugurkan buah kurma yang masak kepadamu makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu rnelihat seorang manusia, maka katakantah: ‘Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.’” (QS. Maryam: 24-26) di film ini di visualisaikan dengan baik. ketika maryam akngkat kaki, munculah mata air dan ketika menggoyang pohon kurma dan jatuhlah kurma.

saat pulang bermacam-macam hasutan ia terima . ada yang menuduh berzina dan lain-lain namun karena ia puasa jadi tak bicara sekalipun orang lain menyuruhnya segera bicara.

“Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan suatu perbuatan yang amat mungkar. Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah orang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina.” (Maryam: 27-28)maryam hanya memberi isyarat kepada orang yang memakinya  untuk bicara dengan bayi.

Mereka berkata, “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih berada dalam ayunan?

Berkata Isa, “Sesungguhnya, aku ini hamba Allah, Dia memberiku Alkitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku masih hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.” (Surat Maryam: 29-33)

akhirnya tuduhan itu di jawab oleh Isa AS .

film ini buatan Persi. sama seperti film ashabul kahfi. (tujuh pemuda yang di abadikan alqur’an yang tidur 309 tahun- ini ceritanya pas tahun 50 jadi setting tempat tidak jauh dari kondisi di film maryam))butuh berjam-jam untuk melahapnya. :-). ada dua versi. versi yang asli berdurasi sepuluh jam lebih sedangkan film ringaksnya satu jam lima puluh menit. tapi di sarankan ya lihat yang sepuluh jam saja karena lebih komplit. ada 12 episode. dan separuh episodemenceritakan maryam kecil dan separuh episode maryam dewasa(lima jam) jika di versi dua jam, antum memang bisa melihat cerita dengan lengkap tapi ya masih ada yang kurang. 🙂

saat jam pelajaran sudah habis,ust menyuruh kembali kekelas. wah,ndak enak juga nih sudah seru-serunya. dan sebagian teman menanyakan sesuatu
“ustad kenapa malaikat,nabi tidak di perlihatkan di film” jawabannya sederhana saja. karena mereka para nabi tidak bisa di gambarkan karena beberapa faktor tapi ada juga yang di gambarkan dan orang sana memang aneh, nabi sebelum Muhammad tidak apa tapi nab Muhammad tidak boleh di perlihatkan Wallahua’lam bishowab”

wallhua’lam  . ini terjadi juga saat kami menonton film nabi yusuf versi terbaru yang di perlihatkan sebagai sosok manusia tampan baik saat kecil atau dewasa.terlepas dari itu semua, setidaknya film ini mengandung pelajaran yang berharga. belajar memahami alqur’an dan sejarah. daripada horor produksi indonesia yang kebanyakan bermasalah, hmm, film seperti bisa di jadikan alternatif lho darip[ada nonton drama korea. berbeda dengan film the passion yang di bintangi mel gibson, film ini memiliki etika dan adab dan sama sekali tidak menyimpang dari alqur’an. Wallahua’lam.

sumber potongan adegan: iraniancinema.

saint Mary

directed : Shahriar Bohrani

Iklan

8 thoughts on “sekilas : film Maryam al muqaddasa (The Saint Mary)

      • betul..betul… menyelam sambi minum air. belajar lughoh n siroh tapi translatenya boso inggris. ya kalau saya sih sama saja ndak tahu he..he.. eh, ana punya yang versi 1 jam 53 detik. (tidak mengurangi inti cerita) bahasa farsi(persia) piye? 450 MB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s