Jalan-jalan ke Andalus

Dari ratusan negara, tampaknya spanyol agaknya beda bagi saya. negara yang memenagi piala dunia 2010 ini sempat tersentuh cahaya Islam beberapa abad silam. melalui ekspansi yang di lakukan Tharq bin Ziyad. yang saat itu masih di kuasai raja Roderick. Ia membagi masyarakat Spanyol ke dalam lima kelas sosial. Kelas pertama adalah keluarga raja, bangsawan, orang-orang kaya, tuan tanah, dan para penguasa wilayah. Kelas kedua diduduki para pendeta. Kelas ketiga diisi para pegawai negara seperti pengawal, penjaga istana, dan pegawai kantor pemerintahan dan penuh dengan kekerasan.dan itulah kenapa warga spanyol menyambut baik kedatangan islam. karena mereka bukan sebagai penjajah tapi penyelamat dan pembebas yang lebih heroik lagi,saat thariq sampai di pelabuhan ia membakar kapalnya utnuk menyemabgati pasukan. tidak ada pilihan kecuali menang kalaupun mau mundur ya monggo. hanya saja renag sampai afika he..he..dan berlari sampai damaskus. dan menurut sejarah,  Gubernur Ceuta “Julian” juga turut andil membantu penaklukan hebat ini. hmm, ternyata julian juga tidak suka  dengan kepemimpinan roderick yang membuat rakyat sengsara.kalau di Indonesia mungkin sudah d demo tuh 😉 dari 8 kapal yang turut menuju ke spanyol, 4 adalah pemberian gubernur julan tapi ada pendapat 4 itu adalah pinjaman.

Pada  hari Senin, 3 Mei 711 M, Thariq membawa 70.000 pasukannya menyeberang ke daratan Eropa dengan kapal. Sesampai di pantai wilayah Spanyol, ia mengumpulkan pasukannya di sebuah bukit karang yang sekarang dikenal dengan nama Gibraltar -diambil dari bahasa Arab “Jabal Thariq”, Bukit Thariq

singkat cerita,penaklukan itu berhasil dan membawa bangsa spanyol menjadi merdeka. jika kepemimpinan roderick,yang menguasai adalah katolik dan mengusir yahudi. kni di kepemimpinan islam di bawah naungan kerajaan Omayyah Damaskus, yahudi dan nasrani bisa hidup tenang dan di lindungi karena hak mereka sebagai rakyat.

Hmm,thariq bin ziyad memang luar biasa.putra afrika utara namun menaklukan dataran eropa. tapi sayang, lambat laun, andalusia di kuasai orang nasrani dan itu karena koalisi dua kerajaan yang menikahkan ferdinand dan isabela yang mengubah pemerintahan andalusia dan negara tersebut kita kenal dengan nama spanyol. hmm, mengingat kejadian yang mengiris hati di pelabuhan sana,agak ngeri juga karena suasana di sana seperti lautan darah.

Dan saat ini, mungkin hanya sisa-sisa yang mash ada di andalusia.  di mezquita misalnya(mezquita=masjid) yang ada di cordoba. saat ini menjadi gereja katedral terbesar keempat dunia. meskipun ada ukiran laila hailallah di mihrab.

ah, andai saja benteng Alcazaba di al hambra bisa hancur.karena  meriam-meriam yang menunduk ke kota,mungkin spanyol masih kita kuasai ya. tapi wallahua’lam.

Di Alhambra,  ada taman yang sangat indah. ada air mancur yang mengalir dari sumber air. dua belas singa yang menjaga sumber air(patung)foto bisa antum lihat gambar yang paling bawah 🙂 di tengah kolam dalam Patio Istana alhambara. jalan masuk di al hambra sangat indah dan asri sejuk.

Alhambra adalah benteng,hunian bangsawan dan citadel ada empat area besar disana. istana sultan,benteng alcazaba,hunian medina dan Generalife. biasanya pengunjung meluangkan sehari penuh untuk menikmati keindahan disana. kompleks 6 km x 2 km sangatlah luas. kalau kamu kesana, ada dua opsi, jam setengah sembilan pagi sampai jam dua siang. nah kalau sore,jam dua siang sampai jam enam petang.

di plaza nueva,pusat kota granadayang lokasinya 80o m dari granda banyak orang yang menuntun anjing tapi di alhambra tidak ada anjing lho. tapi banyak sekali kucing-kucing bekeliartan. yah, mungkin ini adalah penegasan bahwa inilah wilayah islam. kalaupun orang yang bawa anjing  masuk,pastilah di ikat di pintu gerbang. karena bisa-bisa anjingnya di tawur pasukan kucing alhambra he..he..:-)

di spanyol dulu ada pemukiman muslim yang namanya alcazar tapi sekarang entah dimana. saat ini yang ada malah bar,losmen dan saat ramadhan, ndak ada tuh selebaran shalat terawih atau kegiatan ramadhan seperti di indonesia. yang ada malah kursus gitar. hmm,…

Alcazar adalah pemukiman muslim terbesar di sevilla. tempat ketika pendatang muslim memulai kehidupan di Andalusia. yah,Andalusia kini hanya sejarah dan kebudayaan. seperti orang barcelona yang menyebut dirinya orang catalan.(catalonia)

Hmm, di kota yang lain. cordoba mengingatkan kita sebuah daerah di sidoarjo . jalanan lebar , berhamburan pedagang kaki lima yang memasarkan dagangannya dan banyak tukang parkir. he..he..sangat jarang sekali di eropa ada semacam ini. kalau ke sidoarjo, mampirlah ke Slautan,  kalau mau melihat kondisi cordoba he..he… suasananya lho. kalau bangunannya jauh beda 😉 jika dari surabaya antum akan naik bison atau len(mikrolet) menuju porong,pasuruan,malang pasti melewati slautan. nah, disana antum pasti ngelihat banyak pedagang kaki lima dan tukang parkir 🙂 seperti di cordova. tapi perasaan len,bison tidak lewat slautan kali ya he..he..lupa .

oke. cukup sekian perjalanan saya. hmm, perjalanan? apa saya sudah kesana. yah, kalau secara fisik sih belum dan  judul posting di atas adalah do’a. semoga saya bisa menyambanginya. 🙂

6 thoughts on “Jalan-jalan ke Andalus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s