9 buku terlarang?

tRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN – Pengelola dan pengunjung sejumlah toko-toko buku di Tanjungbalai Karimun, Rabu (19/10/2011) sekitar pukul 14:30 WIB dibuat kaget dengan kedatangan Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun, Hanjaya Candra SH beserta beberapa orang anggotanya. Hanjaya dan orang-orangnya melakukan inspeksi mendadak

Daftar Buku Dalam Pengawasan Kejari:

1. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 2 Serangan Sayyid Qutbh, Diterjemahkan oleh As’ad Yasin-Muahotob Hamzah, Terbitan Gema Insani Depok-Jakarta 2001.
2. Loyalitas dan Anti Loyalitas dalam Islam karangan Muhammad bin Sa’id Al Qathani diterjemahkan oleh Salahudin bin Abu Sayid terbitan PT Era Adi Citra Intermedia-Solo 2009.
3. Ikrar Perjuangan Islam karangan DR Najih Ibrahim diterjemahkan oleh Abu Ayub Ansyori terbitan Pustaka Al Alaq dan Al Qowam-Solo 2009
4. Khilafah Islamiyah-Suatu Realita bukan Khayalan karangan Prof DR Syeikh Yusuf Al Qaradawi diterjemahkan oleh Ahmad Nuryadi, terbitan PT Fikahati Aneka-Jakarta 2000.
5. Kado Istimewa untuk Sang Mujahid karangan Syakh Dr Abdullah Azman, diterjemahkan oleh Abdul Fattan Al Bourie, terbitan PT Pustaka Al Alaq-Solo 2008.
6. Catatan dari Penjara – Untuk Mengamalkan dan Menegakan Dinul Islam karangan Abu Bakar Ba’asyir, terbitan Mushaf, Depol Jawa Barat, 2008.
7. Bagaimana Membangun Kembali Negara Khilafah karangan Syabab Hizbut Thahtir Inggris, diterjemahkan oleh M Ramdhan Adi, terbitan Pustaka Thariqul Izzan, Bogor 2008.
8. Syariat Islam-Solusi Universal karangan Prof Wahbah Az Zuhali, diterjemahkan oleh Ridwan Yahya LC, terbitan Pustaka Nuwaitu, Jakarta Timur 2004.
9. Visi Politik Gerakan Jihad karangan Hazim Al Madanidan Abu Mus’ab As Suri, diterjemahkan oleh Luqman Hakim Lc dan Umarul Faruq Lc, terbitan Jazera, Solo 2010.

Hmm, menurut saya buku-buku tersebut tidak terlalu berbahaya. buku pertama karangan sayyid quthb di fizilalil qur’an memang ada beberapa jilid yang dianddap “keras” tapi sebenarnya tidak. hanya saja sang”penelusur” trauma dengan hal-hal berbau islam. he..he.. begitupula dengan buku-buku yusuf qardhawi bahkan buku syaikh taqiyudin annabhani penderi hizbut tahrir. kebetulan saya pernah ada digerakan tersebut(HT) hampir setahun. buku yang paling mengasyikan meamng buku nomor 7. tapi tidak begitu menyerang tuh. memang di akhir-akhir ada yang tak sesuai dengan pemerintahan.dan dari catatan diatas yang diklaim adalah buku-buku islam. saya amat terpukul. sungguh. buku al wara’ wal bara’ juga di anggap terlarang? anehkan? saya heran. apakah intelejen itu sungguhan atau bohongan? (yah maklumlah settingannya memang begitu ;-p)

mungkin mereka menganggap buku yang diatas adalah buku biangnya teroris. padahal ndak juga. bahkan kalau diteliti lagi (ini pengalaman setelah saya menyortir buku di lamongan januari kemarin) masih banyak tuh buku[-buku aygn hebat dan menghebohkan. seperti sisipan ideologi komunisme dan lain-lain.

kalau dipikir-pikir nih, buku tersebut memang terkesan keras bagi orang yang”belum tahu” tapi sebenarnya masih ada buku yang hebat. seperti novel percintaan yang mengundang ke area perzinaan bahkan ada juga novel teenlit yang merusak. sangat jarang sekali, mereka melihat dari segi jenis naskah. misal saja mereka ngecek satu persatu. bisa gempor tuh mata atau mungkin tak sampai sisa hidup emreka bisa nyeleksi buku yang bahaya atau tidak.

di sastra misalnya, memang tak terlihat. tapi secara tak langsung ada juga ideologi yang sengaja disiipkan. di unisoviet dulu, ada juga lho satrawan yang diasingkan bertahun-tahun. sebut saja Alexander Sobhentzyn juga mengalami pengasingan dua puluh tahun lebih karerena karyanya yang di angap tidak sesuai dengan ideologi Negara dan menentang sistem pemerintahan Stalin saat itu.

atau karya agak nyeleneh seperti Anais Nin, pengarang asal perancis. Ia juga mendapat pujian dari kritikus sebagai penulis erotis menulis kisah erotis karena di dorong rasa lapar. Bayarannya juga lumayan saat itu. Satu dolar per lembar. Menurutnya,rasa lapar itulah menuntunnya untuk menulis yang berbau erotis.

karya yang berbahaya sebenarnya bukan dilihat dari kesan atau praduga semata karena prasangka tidak bisa mencapai kebenaran sama sekali. sarannya sih belajar lah jangan asal mengkalim. di indonesia banyak karya yang bermasalah. kenapa tidak diseleksi saja satu persatu sana. rasanya tidak adil bila hanya yang dicek buku-buku di atas. intelejen sebenanrya tidak hanya dibekali dengan intelektual yang mumpuni. tidak hanya tahu gerakan,terorisme atau yang lain seputar informasi. yah entahlah saya bukan orang intel. bukan bpula agen FBI,CIA kalau agen buku sih iya 🙂 dan setidaknya mereka belajar mendalami ilmu budaya. karena sekarang banyak pihak yang tak bertanggung jawab melakukan ekspansi maksiat melalui budaya. baik seni musik,sastra atau sebagainya. padahal ,membedahbuku bukan seperti membedah rumah. 😦

*sekedar curhat jangan masukin di hati 😉

Iklan

7 thoughts on “9 buku terlarang?

  1. makin banyak yang alergi sama Islam…
    manusia zaman sekarang kan sudah kebolak-balik logikanya, klo yang berbau2 ‘nafsu’ malah dilindungi
    buku2 Islam yang sangat baik untuk perkembangan diri dan pola pikir malah dibredel habis-habisan

  2. “kebetulan saya pernah ada digerakan tersebut(HT) hampir setahun”, 😀

    Begitulah musuh-musuh Islam membuat propaganda, selalu saja tidak proporsional dalam menilai hal yang berkaitan dengan Islam.. :(, media sudah banyak menyetir pemikiran orang awam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s