Antara kuliah dan bisnis

Membagi waktu antara bisnis dan kuliah memang tidak mudah. maka dari itu, kekuatan “fokus”  sangatlah  penting. banyak orang tua yang mengatakan begini, “kalau kuliah ya kuliah kalau bisnis ya bisnis.”  hmm, lalu apakah bisa menyelaraskan keduanya? bisnis dan kuliah agar sama-sama tetap jalan? mungkin juga tapi terkadang ada saja salah satu yang tersisih. terkadang saat asyik menekuni bisnis,eh nilai kuliah merosot (seperti saya saat ini he..he..) ada juga yang kuliah tapi kadang bokek juga. nunggu kiriman dari orang tua. tapi ada juga yang jalan sama-sama.

di kelas saya,ada teman yang dijuluki “Abu sukkar” karena ia memang pebisnis. pag-pagi ia di pasar kadang satu minggu ia tak bisa masuk sepenuhnya kadang ia masuk full. meski seperti itu, prestasi di kelas cukup memuaskan. nah ini sangat berbeda dengan saya, kadang satu minggu itu selalu saja ada yang “Ghoib” apalagi nilai, haduh selalu tidak memuaskan. tapi saya mencoba untuk selalu bisa membagi waktu antara kuliah dan bisnis. sekalipun itu mungkin tapi toh sulit juga ya.

banyak buku atau artikel yang membahas seperti ini. salah satunya ada komintmen atau tekad yang kuat untuk memulainya. ada juga yang memberi tips kalau untuk memilih waktu yang tepat. misal di semester 7 atau semester akhir dan di semester sebelumnya mencari ilmu yang banyak. berorganisasi misalnya.  hmm ada baiknya memang. berbicara teori tentu gampang. tapi sebenarnya yang terpenting saat kita ingin dua-duanya jalan adalah diri kita sendiri. terutama untuk mahasiswa yang ingin berwirausaha. merencanakan meamnng perlu. tapi kata pak mario teguh, cara terbaik untuk memulai adalah memulai.  yah ini sudah saya buktikan meski dengan modal Rp 0 toh ternyata jalan.  nah selanjutnya adalah belajar.  belajar memahami klien dan belajar bernegoisasi dan lain sebagainya.

Yah,simpel memang tapi yang terpenting adalah di coba dulu.  teori terkadang tak sesuai dengan realitas. yah maklum,. teori yang disampaikan pelaku bisnis juga dari beberapa pengalamannya. bisa juga di jadikan referensi atau kalau punya ide lain yah tak apa jika di coba.  kalau untuk mahasiswa, banyak kok bisnis yang bisa di geluti. jualan pulsa misalnya,atau jualan buku,nulis artikel atau jualan baju,asesoris atau jualan gantungan kunci,atau jasa. jasa nyuci baju misalnya atau usaha-susaha yang lain. jualan kerupuk,jualan gorengan atau yang paling murah. jadi makelar 😉 yah. doakan sajalah. semoga semester depan saya tidak ngulang lagi.

belajar enjoy meski dapet nilai Rosib 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s