aktivis harus jago kandang

bagi kebanyakan orang, dakwah ini terasa sangat eksklusif. para pelakunya juga bisa dibilang tidak biasa. mungkin bagi aktivis itu sendiri sangat biasa tapi bagi warga atau tetangga mungkin sangat asing. apalagi interaksi sossialnya. barangkali sang aktivis benar-benar memegang teguh prinsipnya atidak ketularan maksiat di lingkungan sekitar. atau juga mungkin karena aktivitas dakwah yang sangat buanyak sampai tak sempat berinteraksi dengan lingkungan. entah di kampus,sekolah,partai lah atau yang lain. hmm, kemungkinan ada dua tanggapan untuk sang aktivis.

pertaga,warga cuek saja toh hidup-hidupnya sendiri. jadi kenapa harus di peduliin? dan yang kedua bisa jadi ada fitnah. jangan-jangan di rumah tersebut ada jaringan sangar seperti NII mungkin. hmm fitnah yang tak pantas diterima pejuang dakwah . bagi aktivis sendiri,mungkin itu wajar. “coban”katanya. tapi itu bukanlah coban sesungguhnya. justru coban sesungguhnya semakin berat. dan untuk model seperti ini terutama di lingkungan sosial. apakah bisa di minimalisir? hmm tentu saja bisa. dengan banyak-banyak interaksi dengan masyarakat setempat. bukankah islam adalah rahmatn lil alamin? hanya saja harus di jaga. kalau bisa mewarnai mereka. kata teman saya “mewarnai ,tapi jangan terwarnai.” atau juga pernah saya majalah tarbawi. “berbaurlah tapi jangan lebur.”

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah………..(al imron 110)

jadi para aktivis dakwah harusnya jago kandang. meski banyak aktivitas diluar, jago kandang itu harus. lebih-lebih untuk mengubah paradigma masyarkat. agar tidak terkena fitnah yang tak seharusnya diberikan pejuang seperti mereka. adapun cara lain, yaitu mengalihkan kegiatan dakwah ke masyarakat sekitar seperti baksos,atau halaqoh. kalu punya mad’u disekolah atau kampus. bisa juga di alihkan kerumah. toh tak ad salahnya kan?

hmm,tapi sekali lagi. apakah aktivis dakwah itu harus jago kandang? he.he..he..tentu saja tidak. 🙂 tapi jago di berbagi kandang. 😉 dimana ia tinggal , pastilah bermanfaat untuk sekitar.

*sekedar obrolan ringan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s