Pengalaman lomba BusinessPlan Sidoarjo festival 2012

Sidoarjo festival memang tidak dilaksanakan diap tahunnya. acaranya juga seru di meriahkan berbagi lomba seperti dai cilik dan hiburan seperti standup comedy dan lain-lain. tak ketinggalan ada lomba businessplan tingkat pelajar dan mahasiswa. karena syaa mahasiswa,jadi saya sangat relevan untuk berpatisipasi di lomba kali ini. 🙂

Seandainya saya tahu info lebih awal,mungkin tidak tergopoh-gopoh. tapi apa boleh buat saya harus selesaikan proposal businessplan dalam waktu dua hari. ad juga waktu satu hari untuk merenung,apakah bisnis ini bisa menang? soalnya, tidak ad nilai kreatif atu inovatif secara fisik. ah,tak masalah. langsung saja say ketik dan say print di maktabah mahadumar pas istirahat. murah cuma 100 per lembar 😉

“garap apa akh?”

“Proposal bisnis.”

“kapan terakhir?”

“Sesok.” dengan semangatnya teman saya ikut juga. wah seru nih. kebetulan ada teman yang dekat rumahnya dengan KADIN (kamar dagang dan industri) sidoarjo jadi saya titipkan saja. dan bagimana nasib teman saya? sungguh luar biasa. satu hari sudah jadi dan langsung di kumpulkan. nah,kita juga tidak tahu kalau perubahan jadwal dari hari jumat diganti hari sabtu di Sidoarjo town square. walah..walah..

“Piye toh,sudah kadung bolos akh”

“Ndak opo. sing penting siapkan presentasi buat sesok.” nah saat hari H, seluruh peserta harus bersepatu,saya juga tak menyangka adik-adik saya dari SMK Negeri perkapalan juga ikut. ketemu juga bu widya. guru kewirausahaan saat SMK dulu.

“Siapa pembimbing mu?”

“Pembimbing?”

” dosen wirausaha?”

“Oh tidak ada bu. ”

“Kamu bisa serahkan proposal ke buwidya dulu nanti tak koreksi.”

“Makasih bu tapi infonya ndadak. saya hanya punya dua hari buat proposal.”

“Ya sudah semoga menang dan lolos.”

“Amin.”

acarapun berlangsung lama. dari jam 14.00 , saya presentasi bisnis saya jam 19.00 apa ini tidak keterlaluan? apalagi saat giliran saya, LCD nya mati dan tidak beres. saat presentasi saya kelabakan karena di layar tidak begitu jelas. tidak bawa proposal pula. eh sebenarnya tidak ada. satu-satunya proposal ya yang dikirim. males ngeprint nya alias hemat dana. nah akibatnya seperti ini,presentasi kurang maksimal karena terlalu pelit dan tidak menggandakan proposal he..he..

tapi saya jelaskan sebisanya. meski tidak sebagus presentasi peserta dari unesa,unair atau umsida, saya jelaskan semampunya. juri bertanya ya saya jawab. sayangnya waktu presentasi dibatasi lima menit saja. ini waktu yang sangat pelit menurut saya.  tapi kalau tidak lima menit, bisa jam 22.00 pulangnya.

Setelah ditanya tentang pemasaran dan bisnis saya pun selesai. ah,kurang memuaskan. presentasi saya kurang 40% lagi. ini mustahil untuk menang. lalu giliran teman saya dan selanjutnya dari mahasiswa unair dan rekannya dari umsida yang mengenalkan produk makanan yang unik. sudah jelas, cara presentasinya luar biasa tapi.

setidaknya saya sudah berusaha. saat  tanya teman mahad yang ikut,

“Akh gimana penampilanku maeng (tadi)?”

“Apik. sangat meyakinkan.” betulkah? menurut saya sendiri, saat saya menjawab pertanyaan dewan juri,saya tergesah-gesah dan menggebu-nggebu njawabnya.boleh juga di bilang sambil marah-marah he..he..apa ini bisa menang ya?

saat keesokan harinya (ahad 25 nop) pas pengumuman saya tidak bisa hadir. selain faktor pesimis campur optimis, saya tidak ada kendaraan. haduh, saat teman saya sms.

“Akh g ikut ta?”

“ndak ada kendaraan” malang nian nasibku. beberapa jam kemudian, ada info.

“Akh antum menang.”

“Moso’ ojo mbujuk akh”

“Iyo antm menang. ini ana yang mewakili tadi juara 3” mendengar itu saya alangsung tersungkur dan langsung ganti baju. tak neka rasanya pinjam motor ke adik saya.

“wah aku gak berani mas jauh-jauh.” karena adik yang satunya sudah pulang, akhirnya saya gunakan sepeda onthel untuk sampai ke sidoarjo town square. tapi sayngnya eman saya tadi(fatchul) sms kalau sudah bubaran. hadeh, lalu kami janjian di masjid raya baiturahman di Jati sidoarjo.

wow, ternyata itu pialanya. wah tinggi sekali. saat saya ambil pialanya dan agak kaget. eh ini pialaku ta? he..he.maklum belum pernah dapet piala tunggal seperti ini. lalu ada sertifikatnya juga tertera nama “Taufiq” wah bangganya. meski juara tiga. tapi lumayanlah,saya adalah salah satu peserta yang bukan kelompok. menjadi juara diantara yang kelompok tentu membanggakan. di juara pertama ada mahasiswi dari unesa dengan bisnis plannya. batik biologi. selain unsur budaya ,ia sertakan unsur pendidikan biologi di batiknnya. keren  poko’e.

ah,saya tak menyangka jika prolposal yang satu ini menjadi tiga bear. tinggal proposal yang satunya yang belum ada keputusan he..he.. oh iya proposal bisnis yang saya kumpulkan adalah bisnis penerbitan. yah,memang sudah biasa tapi sudah saya terapkan. intinya,ketika sudah dijalankan usaha tersebut,tentu peahan tentang usah dan kondisi lapangan. dari pengalaman kemarin, yang terpenting adlah bisnis tidak hanya unik,namun bisa direalisasikan dan dipasarkan. unik tapi tidak menjual ya sama saja.

saat pembagian hadiah saya tidak ikut foto-foto bareng pak bupati.  emannya. tapi tak maslh,yang penting bisa ikut lomba dan bisa menang sudah cukup. hmm,sebenarnya kurang cukup sih. inginnya juara 1 😉 dan ada hadiahnya juga lho. berupa dana hibah untuk modal usaha dari sponsor dan KADIN. lumayanlah bisa buat beli bakso 😀

harusnya saya ada di sana ya? :-)

harusnya sih foto-foto bareng mereka 🙂

*hadiah di usia 22

2 thoughts on “Pengalaman lomba BusinessPlan Sidoarjo festival 2012

  1. bisnis penerbitannya memang mantab :D, writepreneur..

    selamat atas prestasinya, moga semakin berkembang dan semoga menjadi rezeki yang barokah, amin yaa robbal ‘alamiin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s