Bicara tentang kesuksesan

unduhanTiga hari yang lalu saya diajak didepan kampus untuk makan bareng. entah apa maksudnya, teman saya ini langsung bicara ” Jaman sekarang itu harus peka terhadap informasi. teman ene aja loh punya mobil.  padahal dulu miskin. bayangkan mobil…antum mau nggak?” mana mungkin nggak mau. kalau dapet gratis, tak jual mobil tuh buat modal he..he..

“Ya mau lah.”

“Kalau mau, nanti ikut ane. antum mau nggak? ane kasihkan informasinya.” saya merasa curiga. mungkin ujung-ujungnya MLM.

“Ini khusus buat orang yang paham. bukan orang pintar.dari wajah antum, antum itu orang yang gampang memahami sesuatu.” tentu saja he..he… saya hanya jawab dalam hati. tapi teman saya ini mulai ragu karena saya mulai terdiam.

“antum mau nggak? hanya dua tahun antum dapet mobil” katanya menggebu-nggebu

“A..ane udah punya bisnis.”

“Ane tahu..tapi itu bukan bisnis itu hobi dan itu tidak besar” mungkin yang ia tahu saya ini suka nulis tapi belum tahu kalau saya punya bisnis.

“Ikut ane dulu, nanti antum bisa punya usaha. dan punya karyawan . enak kan?” sebenarnya saya sudah punya karyawan meski hanya karyawan kontrak dan jumlahnya 1 orang.

“Ane itu ingin punya studio musik.”

“Bagus tuh.” saya berkomentar.

“Ini kesempatan akh. malah ada orang tua umurnya 60 tahun. baru ikut saja sudah punya mobil empat.”

“Wuih,temenan ta antum?” canda saya

“Iya..” singkat cerita saya dan teman saya kembali ke kelas. saya berpikir,kasihan juga kalau kepala kita dikelilingi mobil BMW,atau mersedes. jujur saja, sejak sekolah saya ikut MLM tapi kurang sreg. yah kalau serius mungkin bisa.

mobil_sport_kerenTEman saya menganggap sukses itu ukuran harta. sebarapa banyak mobilmu? sebarapa banyak uangmu? yah,memang salah satu tolak ukur kesuksesan terutama bisnis adalah uang.

saya juga sakit hati ketika bisnis yang saya rintis diremehkan. “ah,ini dulu aja. kalau antum tak tahu informasi ini, bisnis antum ane jamin setahun paling sudah bangkrut.” saya mencoba mensabarkan diri. beuh…sakit bener nih. padahal sejak 2010 saya sudah mulai bisnis gantungan kunci. bangkrut sih memang lalu mencoba ke penerbitan indie. dan Alhamdulillah awal september kemarin usaha sudah saya legalkan dengan nama CV Syams media.

butuh pengorbanan untuk mencapai semua itu. tapi Kok sempat-sempatnya teman saya bilang kalau setahun usaha akan kukut. ah, saya tak habis pikir. kenapa mobil menabrak otaknya.

Iming-iming mobil sering saya terdengar dari para pelaku MLM. kebetulan saya juga sering menjadi target prospek. saya juga tak bisa bicara banyak seperti mereka. yah maklum, saya memang tak begitu pandai berkata-kata he..he.. saya lebih suka mendengarkan dan lebih suka menjawab di hati dan kadang saya tulis supaya lega.

*obrolan ringan

4 thoughts on “Bicara tentang kesuksesan

  1. hmm bener banget pak… waktu SMA dulu hampir saja ingin ikutan MLM gara2 promosi temen yang begitu meyakinkan,, lalu saya diingatkan oleh ibu agar gak ikut2an.. alhamdulillah gak jadi terlibat..

    kapan hari saat udah semester akhir juga ditawari semacam bisnis online tapi saya bener2 gak sreg dengan sistemnya,, takutnya malah melakukan praktik jual beli yg diharamkan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s