Mudahnya mengurus ISBN

syamsmedia

Saat ini, mengurus ISBN bisa dilakukan secara Online. tidak perlu menunggu  lama, maksimal 3 hari ISBN bisa terbit. bahkan pernah saya mengurus nomor ISBN butuh waktu dua jam. tergantung juga sih 🙂

jika kita ingin ngurus ISBN,syarat yang paling utama adalah memiliki badan hukum usaha. semisal CV lah. untuk ngurus CV juga mudah. tidak perlu repot-repot. antum datang saja ke notaris. dua-tiga hari sudah beres insya Allah.

pernah waktu tahun 2011 saya coba urus ISBN tapi ribet. lewat Fax tapi tidak dijawab dan akhirnya saya nyerah. hingga tahun 2013, mau tidak mau terbitan saya harus ada ISBN.  maklum,ada permintaan banyak dari teman yang ingin bukunya ada ISBN.

akhirnya september 2013,saya urus badan usaha saya. dan akhirnya jadi. saya pikir ribet sekali tapi ternyata tidak. intinya,jangan membayangkan yang bukan-bukan sebelum mencoba. karena kita bukan dukun 🙂

singkat cerita, saya daftar secara online. caranya juga gampang. klik saja isbn.pnri.go.id kemudian daftar. masukan berkas-berkas yang dibutuhkan. untuk pertama, kirimkan formulir keanggotaan ISBN, nah kalau sudah tinggal tunggu saja.

pengalaman dulu, saat saya nelpon pihak perpusnas, kebetulan pulsa saya habis 🙂 (benar-benar lupa dah. saya pikir pakai operator sejenis he..he..) sampai pihak perpusnas nelpon saya.

“Kenapa mas? pulsanya habis?.”

“Wah nggih pak. ngapunten loh pak.”

“Waaah…sampean iki.” sepertinya orang jawa. 🙂 saking kocaknya orangnya menjelaskan cara mendaftarkan buku yang akan di-isbn kan. lucu bercampur amarah. saya sampai merasa tidak enak.

nah,dihari selanjutnya saya ditelpon lagi karena ada data yang belum dilengkapi. setelah dilengkapi beberapa jam kemudian ISBN terbit. gampang bukan? bahkan saat ini (maret 2014) pihak ISBN/KDT juga memberikan barcodenya juga lho ke email.

kini mengurus ISBN tidak perlu repot.  bagi antum yang punya naskah dan ingin dapet nomor ISBN, gampang hubungi aja ane. gratis (syarat kirim aja daftar isi,pengantar dan data buku. tebal,editor,layout dll) 

*berbagi pengalaman 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s